Mengolah buah pisang menjadi keripik pisang rasa coklat

 Masak Apa Dong - Di Negara kita ini, keripik pisang sudahlah sangat terkenal dan hampir semua orang tahu dengan keripik pisang ini. Karena bahan baku untuk pembuatan keripik pisang ini sangat mudah ditemukan. Dan hal tersebutlah yang bisa membuat usaha di bidak keripik pisang mempunyai untung serta prospek yang bagus. Jenis pisang yang biasa digunakan dalam pembuatan keripik pisang adalah jenis pisang kapok dan pisang sobo. Namun bukan hanya jenis pisang tersebut yang bisa digunakan dalam pembuatan keripik pisang ini, pisang berjenis lainnya juga bisa di olah menjadi keripik pisang namun harus tetap disesuaikan dengan kondisinya.

Mengolah buah pisang menjadi keripik pisang rasa coklat
Mengolah buah pisang menjadi keripik pisang rasa coklat


Daerah yang mempunyai hasil pisang terbesar yaitu daerah Lumajang di Jawa Timur dan Lampung yang berada di Sumatra. Tidak beda dengan keripik pisang yang sudah berkemasan yang sudah ada dijual di toko yang sudah bermerk tentunya yang sudah disediakan dengan beberapa macam rasa seperti keripik pisang berasa asin, keripik pisang rasa manis, ataupun dengan keripik pisang dengan perisai rasa keju dan ada juga beberapa keripik pisang di beri rasa – rasa tertentu dimana sesuai dengan selera. Bentuk pemotongan keripik pisang pun juga beragam , ada yang berbentuk memanjang, berbentuk bulat bahkan ada juga yang berbentuk serong.



Warna keripik pisang yang di jual pada umumnya yaitu berwarna kuning, karena warna tersebut sangat pas dengan warna buah pisang itu sendiri. Saat ini banyak dijumpai para penjual keripik pisang di pasar maupun pedagang kaki lima menjual keripik pisang dagangan mereka dalam bentuk curah, sehingga para konsumen bisa membeli dengan jumlah yang mereka minta. Saat ini pasti sangat banyak macam – macam rasa yang berada dalam keripik pisang. Termasuk keripik pisang coklat. Dan berikut adalah cara pembuatan keripik pisang berasa coklat :


Siapkan buah pisang yang sudah matang , namun jangan terlalu matang atau sudah lembek. Pisahkan buah dengan kulitnya, dan kemudian rendam kedalam air yang sudah bercampur dengan garam. Hal tersebut bertujuan agar warna pisang tidak mengalami perubahan. Kemudian potong pisang sesuai dengan bentuk yang anda inginkan dan jangan lupa memotongnya tipis – tipis. Setelah itu rendam ke garam sebentar dan rendam kembali pada air kapur kurang lebih 30 menit, lalu rendam kembali lagi kedalam air garam. Setelah itu goreng pisang tadi hingga terlihat banyak yang mengapung, dan jangan lupa untuk meniriskan hingga kering. Untuk membuat taburan coklat, anda bisa membuatnya dengan me-nyangrai tepung jagung. Setelah itu bubuk coklat halus serta gula halus di aduk dengan tepung jagung yang disangrai tadi di campur jadi satu dan kita mengaduknya sampai benar – benar rata. Lalu campurkan taburan coklat tersebut dengan keripik pisang, dan campur hingga rata.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post