Resep Cara Membuat Sambal Hijau Lezat

Masak Apa Dong  Cara Membuat Sambal Hijau Lezat Sedap – Siapa yang tidak senang dengan sambal hijau? Indonesia memang dikenal dengan berbagai macam variasi sambal. Ada sambal terasi, sambal mangga, dan lain sebagainya. Untuk kali ini yang akan dibahas adalah sambal hijau. Sesuai dengan temanya, sambal ini memiliki warna hijau. Berbeda dengan sambal pada umumnya yang berwarna merah.


Warna hijau sambal berasal dari bahan yang digunakan. Seperti cabe hijau, tomat hijau, dan lain-lain. Rasa sambal hijau ini sama seperti sambal pada umumnya, yakni dominan rasa pedas. Tetapi sebagian orang berpendapat bahwa sambal hijau memiliki rasa pedas yang lebih banyak jika dibandingkan dengan sambal pada umumnya. Sambal hijau merupakan salah satu sambal khas dari daerah Padang, Sumatera Barat. Biasanya anda akan mudah menemukan keberadaan sambal yang satu ini di Rumah Makan Padang. Untuk anda penggemar sambal hijau, berikut ini adalah resep sambal hijau yang bisa anda coba buat di rumah.


Bahan-bahan Sambal Hijau :
Cabe hijau besar sebanyak 250 gramCabe rawit hijau sebanyak 50 gramBawang merah sebanyak 4 siungBawang putih sebanyak 2 siungTomat ijo sebanyak 2 buahGula secukupnyaGaram secukupnyaMinyak goreng sebanyak 3 sdtAir jeruk nipis sebanyak ½ sdtCara Membuat Sambal Hijau : Langkah pertama, potong kasar cabe hijau dan cabe rawit hijau terlebih dahulu.Kukus cabe hijau, cabe rawit hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat selama kurang elbih 5 menit sampai layu.Setelah itu, tumbuk bahan-bahan yang sudah layu tersebut secara kasar. Sambil menumbuk pastikan bahwa bahan-bahan sudah tercampur dengan rata.Selanjutnya, tumis bahan-bahan sampai layu dan tercium bau yang harum.Tambahkan air jeruk, garam, dan gula pada tumisan sambal. Kemudian aduk sampai rata dan masak sampai benar-benar matang.Sambal hijau sudah siap untuk dihidangkan.

Untuk menikmati sambal hijau ini anda bisa menghidangkannya bersama dengan makanan lain. Seperti ayam goreng, ikan goreng, dan lain sebagainya. Tergantung dengan selera anda. Sambal hijau ini juga sangat cocok untuk disandingkan bersama dengan makanan padang. Rasanya yang pedas akan membuat anda merasa ketagihan. Karena dimasak, maka sambal hijau tidak akan mudah basi. Demikian resep sambal hijau ini, selamat mencoba.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post