Warung Sate Pak Nur : Nyam! Sedap Mantap Tongseng Kambing Khas Solo

Foto: dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Jakarta - Seporsi tongseng kambing di tempat ini sanggup jadi pilihan buat makan siang. Berempah hangat dengan daging kambing juicy. Mantul!

Setiap kali melewati daerah Pedurenan, Jakarta Selatan, selalu tercium aroma gurih dari tongseng di warung makan berjulukan Warung Sate Pak Nur. Sesuai namanya, warung makan ini merupakan perjuangan milik Pak Nur yang sekarang telah tiada.

Meskipun begitu, kelezatan tongseng kambing khas Solo ini masih dilanjutkan oleh anaknya yang sekarang menjadi penerus. Warung Sate Pak Nur populer kondang enaknya semenjak tahun 2010.
Warung Sate Pak Nur : Nyam! Sedap Mantap Tongseng Kambing Khas SoloFoto: dok. detikFood

Maka tak heran rasanya sudah tidak diragukan lagi. Menurut sang penerus, Hari, warung sate bawaan mendiang Pak Nur ini awalnya berpindah-pindah tempat alasannya yaitu alasan tertentu. Namun, sekarang sudah menetap di daerah Pedurenan, Jakarta Selatan. Bahkan warung sate tersebut mempunyai dua cabang.

"Sekarang udah punya dua cabang, di sini dan satu lagi di akrab Mall Ambassador. Gak jauh sih dari sini," tutur Hari.

Warungnya sangat sederhana, dengan 3 meja dan beberapa bangku. Cukup buat menampung sekitar 12 pengunjung. Area makannya juga berdekatan dengan gerobak khas tongseng kambing tempat untuk meracik tongsengnya.
Warung Sate Pak Nur : Nyam! Sedap Mantap Tongseng Kambing Khas SoloFoto: dok. detikFood

Terdapat beberapa sajian olahan daging kambing dan daging ayam yang sanggup dipilih. Mulai dari sajian sate daging, nasi goreng daging, tongseng daging, gule, sampai sop daging. Hari menyampaikan kebanyakan pengunjungnya memesan tongseng kambing dan sate kambingnya.

Tak mau berlama-lama kami risikonya memesan kedua sajian tersebut. Kebetulan di warung tersebut hanya ada Hari saja, karenanya waktu penyajian agak sedikit lama. Meskipun begitu terbayar dengan nikmat gurih tongseng kambingnya yang dibanderol dengan harga Rp. 18.000.

Tongseng kambing di sini dimasak dengan memakai tungku tradisional atau anglo dengan api arang. Makara seolah-olah dengan tongseng di Solo. Semua dimasak dadakan dikala dipesan. Tongseng bersama-sama varian dari olahan sate. Karena berupa tumisan bawang merah dan bawang putih serta daging kambing yang biasanya diambil dari sate. Lalu diguyur kuah gule dan ditambahkan irisan kol dan tomat. Setelah semuanya mendidih dan matang gres disajikan panas mengepul bersama nasi putih.
Warung Sate Pak Nur : Nyam! Sedap Mantap Tongseng Kambing Khas SoloFoto: dok. detikFood

Aroma basi semerbak bumbu gule dan bawang tercium sedap. Berkuah kuning kecokelatan kental dengan isian daging kambing, kol, dan pecahan tomat hijau. Kuah gulenya segar dan sedap alasannya yaitu tidak terlalu kental.

Tongseng kambing di sini sangat terasa berpengaruh bumbu gulenya. Medhok Solo. Rasa gurih dari kuah dan elok dari kecap berpadu dengan sempurna. Apalagi daging kambingnya yang sangat empuk ditambah kol dan tomat yang renyah.

Menikmati tongseng kambing belum lengkap jikalau tidak dibarengi dengan sate kambing berbumbu kecap yang juga khas Solo. Karenanya kami memesan seporsi sate kambing (Rp. 35.000) dengan isian sebanyak 10 tusuk. Seporsi sate kambing disajikan dengan pecahan tomat, bawang merah, irisan kol dan sambal.

Untuk pecahan dagingnya cukup royal. Bumbu kecapnya hanya diberikan dikala proses pembakaran satenya saja. Ketika disajikan dalam piring, bumbu kecapnya hanya diberikan sedikit. Meskipun begitu, rasa bumbunya meresap sampai ke lapisan daging kambingnya.
Warung Sate Pak Nur : Nyam! Sedap Mantap Tongseng Kambing Khas SoloFoto: dok. detikFood

Warung Sate Pak Nur ini selalu ramai kala waktu makan siang. Mayoritas pembelinya yaitu orang kantoran alasannya yaitu memang lokasi warung ini berada di sekitar kantor-kantor. Begitupun dengan masyarakat yang bermukim akrab warung makan ini. Namun, mereka selalu memesan sajian di sini untuk dibawa pulang.

Semangkuk tongseng kambing dengan porsi terbilang banyak dan pecahan daging yang royal pada satenya wajib dicoba. Apalagi harganya yang ditawarkan pun sesuai dengan porsinya.

Jika kau tertarik mencoba, disarankan untuk memesan satu porsi tongseng dan sate kambing untuk dinikmati berdua. Kecuali kalau lapar berat atau kangen dengan tongseng khas Solo yang mantap rasanya.

Warung Sate Pak Nur
Jl. Karet Pedurenan No. 45A
Kuningan, Jakarta Selatan
No Telepon : 081226295689
Jam Buka : 11.00 - 22.00

Simak Video "Icip-icip Sate Kambing Tegal Populer di Jakarta "
[Gambas:Video 20detik]
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post