Gurih Mantap Gulai Taboh, Warisan Kuliner Leluhur Khas Lampung

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Kuliner Lampung yang populer memang pisang dan kopi. Tapi soal masakan warisan leluhur, ada gulai taboh yang sampai sekarang masih disuguhkan di tengah masyarakat.

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke tempat tanpa merasakan masakan lokalnya. Termasuk ketika berjejak di Provinsi Lampung, pastikan untuk mencoba gulai taboh. Kuliner khas yang diwariskan turun temurun dari leluhur.

Dilansir dari Antara (10/12) gulai taboh ialah masakan berkuah yang diracik dengan materi dan bumbu khas Lampung "Bumi Ruwa Jurai".
Gurih Mantap Gulai Taboh, Warisan Kuliner Leluhur Khas LampungFoto: Istimewa

Baca juga : Mampir ke Lampung? Jangan Lupa Cicip Gulai Taboh dan Seruit yang Gurih Enak

"Salah satu sajian masakan khas Lampung yang populer dan merupakan pecahan dari leluhur suku Lampung semenjak dulu yang masih bertahan sampai kini, ialah Gulai Taboh," kata Sopiah, salah satu chef di restoran masakan khas Lampung yaitu Cikwo Resto & Coffee, di Bandarlampung.

Sopiah juga menyebutkan bila gulai taboh ini merupakan sayur pendamping pada jamuan makan utama. Masyarakat Lampung selalu menghadirkan gulai taboh sebagai sajian khas.
Gurih Mantap Gulai Taboh, Warisan Kuliner Leluhur Khas LampungFoto: Istimewa

Sekilas gulai taboh mempunyai tampilan yang seakan-akan sayur lodeh. Bedanya, gulai taboh ini memakai ikan sebagai materi dasarnya. Bumbu serta rempah yang dipakai juga berbeda sehingga terasa citarasa khas Lampung.

Sopiah juga menjelaskan ada dua tipe gulai taboh. Yang pertama memakai materi dasar ikan bahari yang ditambahkan sayuran daun tangkil, kacang panjang dan rebung. Lalu ada juga gulai taboh yang dibentuk dengan ikan sungai dengan adonan tuba atau kluwek.

"Di resto, kami menghidangkan Gulai Taboh jenis Tapa Semalam," ujarnya.

Gulai Taboh Tapa Semalam ialah hidangan ikan asap dengan bumbu bersantan kental yang berasal dari pesisir Lampung.

"Khusus di restoran ini, kami memakai ikan mujair atau nila berukuran sedang yang telah diasap minimal enam jam," terang Sopiah.

Untuk menciptakan ikan asap diharapkan sabut dan batok kelapa sebagai materi pengasapan. Metode mematangkan ikan dengan cara ini menciptakan rasa ikan menjadi khas dan unik.
Gurih Mantap Gulai Taboh, Warisan Kuliner Leluhur Khas LampungFoto: Istimewa

Baca juga : Masih Plesiran di Lampung, Jangan Lupa Cicip Bakso Hingga Mie Enak Di Sini!

Proses pengasapan yang usang ini yang menjadikan masakan disebut Gulai Taboh Tapa Semalam, sebab harus "bertapa" atau diasapi selama 6 jam dan bahkan lebih untuk menjadikan cita rasa yang lebih kuat.

Untuk dapat merasakan gulai taboh cukup tiba ke restoran atau rumah makan khas Lampung. Di sini hampir setiap hari ada sajian gulai taboh yang lezat.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post