5 Resep Soto Terkenal Jawa, Dari Soto Kudus Sampai Lamongan

Foto: dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Jakarta - Soto termasuk menu tradisional yang gampang dibuat. Kalau mau bikin soto Kudus hingga soto Lamongan, contek saja 5 resep soto detikFood.

Penggemar soto dapat menikmati soto buatan sendiri dengan mengikuti resep ini. Membuatnya dijamin gampang dan dapat jadi alternatif sehat ketimbang terus menerus jajan soto di luar. detikFood punya 5 resep soto Jawa enak yang gampang dipraktekkan di rumah.

1. Soto mie

5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga LamonganFoto: dok. detikFood

Bogor populer dengan racikan soto kuning berisi daging dan jeroan sapi. Selain itu, Bogor juga punya soto enak berkuah bening yaitu soto mie.

Isian soto ini tidak mengecewakan padat. Diantaranya ada mie kuning, risol bihun, irisan tomat, dan kol, serta daging sapi. Kalau mau coba membuatnya, ikuti resep ini.

2. Soto Bandung

5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga LamonganFoto: dok. detikFood

Melipir ke Bandung, wajib coba soto Bandung yang tak kalah gurih menyegarkan. Soto ini diracik dari daun salam, lengkuas, bawang putih, dan merica abu sebagai bumbunya.

Untuk isian, soto Bandung menggunakan tetelan sapi, kedelai goreng, dan tentu saja lobak rebus. Bahan dan cara menciptakan soto Bandung dapat diintip di sini.

3. Tauto

5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga LamonganFoto: Robby Bernardi/dok. detikFood

Kota Pekalongan di Jawa Tengah punya racikan soto khas berjulukan tauto. Kuahnya agak kental dengan rasa yang khas alasannya ialah ditambahkan tauco. Soto ini diberi isian tetelan sapi, suun kering, tauge, hingga perkedel kentang.

Untuk menciptakan bumbunya diharapkan bawang merah, bawang putih, cabe merah, tauco manis, hingga biji pala. Sedangkan langkah membuatnya tercantum di resep ini.

4. Soto Kudus

5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga LamonganFoto: iStock

Masih dari Jawa Tengah, ada soto Kudus yang tersohor kenikmatannya. Disajikan di mangkuk kecil, seporsi soto ini ampuh untuk hangatkan perut.

Soto Kudus berisi suwiran ayam, tauge, bawang putih goreng, dan daun bawang. Makin enak ditambahkan perhiasan menyerupai perkedel kentang, sate paru, telur pindang, dan sate kerang. Resep soto Kudus ada di sini.

5. Soto Lamongan

5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga LamonganFoto: dok. detikFood

Terakhir ada soto khas Jawa Timur yang juga punya banyak penggemar. Namanya soto Lamongan dengan kuah gurih kental alasannya ialah ditambahkan koya.

Untuk menciptakan soto Lamongan diharapkan beberapa bumbu menyerupai serai, daun salam, dan daun jeruk. Isiannya ada suun rebus, tauge, kol, telur rebus, dan tentu saja suwiran ayam. Yuk, bikin soto Lamongan dengan melihat resep ini.


Simak Video "Icip-icip Sate Kambing Tegal Populer di Jakarta "
[Gambas:Video 20detik]
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post