5 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Yang Harus Kau Ketahui

Manfaat jengkol. Foto: iStockManfaat jengkol. Foto: iStock

Jakarta - Si 'bau' yang punya rasa lezat ini ternyata mempunyai banyak manfaat. Dengan porsi yang cukup, manfaat jengkol untuk kesehatan ini sanggup kau dapatkan.

Jengkol yakni masakan yang banyak digemari dikalangan masyarakat Indonesia. Makanan tersebut sanggup diolah dengan banyak sekali kombinasi materi lainnya. Pada umumnya jengkol biasanya diolah menjadi semur atau sambal balado.


Jengkol mempunyai rasa yang sangat nikmat tetapi masih banyak yang tidak ingin mengonsumsi jengkol alasannya mempunyai pengaruh bacin yang sangat menyengat sehabis memakannya. Efek bacin yang akan timbul sehabis memakan jengkol biasanya mengalami bacin lisan dan pada ketika buang air kecil.

Meskipun mempunyai pengaruh yang mengganggu, jengkol ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa penelitian membuktikan bahwa jengkol mengandung karbohidrat dan minyak astiri. Tidak hanya itu, jengkol ternyata juga mempunyai banyak sumber protein, vitamin A, vitamin B, kalsium, alkaloid, steroid, glikosida, dan saponin.

Semua kandungan yang terdapat pada jengkol tentu sangat diharapkan oleh tubuh. Lalu, apa saja manfaat jengkol?

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jengkol banyak mengandung antioksidan yang sangat mempunyai kegunaan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas masuk dan melancarkan peredaran darah. Bagi Anda yang mengonsumsi jengkol sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Mencegah Anemia

Jengkol mempunyai banyak kandungan zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah dalam darah. Cocok untuk Anda yang mempunyai duduk perkara anemia atau kekurangan darah mengonsumsi jengkol.

Manfaat Jengkol.Manfaat Jengkol. Foto: iStock

3. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang dimiliki jengkol sangat tinggi tentu hal ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, memakan jengkol juga sanggup memperabukan energi tubuh dan mengatasi lemak tubuh.

4. Menstabilkan Organ Vital dalam Tubuh

Organ vital dalam tubuh akan berfungsi dengan baik ketika asam folat dan vitamin B6 dalam jengkol dicerna dengan sempurna. Ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi jengkol hanya sesekali saja jangan berlebihan, semoga janin yang dalam kandungan tetap berkembang dengan optimal.

Manfaat jengkol bagi tubuh.Manfaat jengkol bagi tubuh. Foto: Istimewa

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Keuntungan lain jengkol yakni mempunyai senyawa aktif yang berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan kadar gula dalam darah. sehingga bagi para penderita diabetes kondusif untuk mengonsumsi jengkol.

Jadi itulah banyak sekali macam manfaat yang sanggup kalian dapatkan sehabis mengonsumsi jengkol. Namun, bagi para pecinta masakan yang diolah dari jengkol sebaiknya tidak mengonsumsi jengkol terlalu banyak. Karena jengkol mempunyai kandungan asam amino. Asam amino dalam jengkol mengandung racun sehingga untuk orang yang mengonsumsinya terlalu banyak akan mengalami keracunan.

Jadi, sebaiknya untuk bagi Anda para penikmat jengkol agar mengonsumsinya tidak berlebihan semoga sanggup menawarkan kenikmatan dan mendapat manfaatnya.





Simak Video "Resep Semur Jengkol"
[Gambas:Video 20detik]
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post