Resep Air Nabeez, Minuman Sehat Infused Water Ala Rasulullah

Resep Air Nabeez/Foto: ilustrasi/thinkstockResep Air Nabeez/Foto: ilustrasi/thinkstock

Jakarta - Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mempunyai sebuah minuman kesukaan. Sang penghulu Rasul dan Nabi itu biasa mengkonsumsi air nabeez. Ini ialah sejenis infused water yang terbuat dari kurma.

Nah, apa resep air nabeez?

Jenis kurma untuk air nabeez biasanya memakai ajwa, tunisia, sampai rutabh atau kurma muda. Air nabeez mengandung banyak manfaat sehingga juga dikonsumsi untuk ibu hamil dan ibu menyusui.


Resep Air NabeezResep Air Nabeez Foto: ilustrasi/thinkstock
Berikut resep air nabeez yang dirangkum detikFood:

Pertama-tama, tuangkan air matang ke dalam sebuah wadah. Lalu, masukkan beberapa buah kurma yang sudah dibuang bijinya ke dalam wadah tersebut.

Ada baiknya, memasukkan buah kurma dalam jumlah ganjil, sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW. Selain itu, Rasulullah juga merendam buah kismis dalam air sebagai infused water sebagaimana hadist riwayat Muslim:

Aَrab: عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُنْبَذُ لَهُ الزَّبِيبُ فِي السِّقَاءِ فَيَشْرَبُهُ يَوْمَهُ وَالْغَدَ وَبَعْدَ الْغَدِ فَإِذَا كَانَ مَسَاءُ الثَّالِثَةِ شَرِبَهُ وَسَقَاهُ فَإِنْ فَضَلَ شَيْءٌ أَهَرَاقَهُ

Artinya: Dari Ibnu Abbas radhialahu 'anhu, ia berkata, 'Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah dibuatkan rendaman kismis dalam satu bejana, lalu ia minum rendaman tersebut pada hari itu, juga esok harinya dan keesokannya harinya. Pada sore hari ketiga ia memberi minuman tersebut kepada yang lain, kalau masih ada yang tersisa , ia pun menuangnya.'



Selanjutnya, koyak buah kurma tersebut. Hal itu dilakukan semoga sari buah kurma sanggup menyebar ke seluruh wadah dan badan sanggup memperoleh manfaatnya.

Terakhir, tutup wadah air nabeez. Diamkan selama 8-12 jam. Setelah itu, resep air nabeez siap untuk dinikmati.

Nah, resep air nabeez sanggup dipraktikkan di rumah ya!

Simak Video "Icip-icip Sate Kambing Tegal Populer di Jakarta "
[Gambas:Video 20detik]
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post