Gurih Anggun Mie Belitung Yang Bikin Perut Hangat Di Pagi Hari

Foto: Dok. detikFoodFoto: Dok. detikFood

Jakarta - Mampir ke Belitung tak lengkap tanpa cicip mie khasnya untuk sarapan. Ada paduan mie kuning, udang, dan emping dalam kuah yang anggun gurih.

Masyarakat Belitung punya hidangan sarapan favorit berbahan mie. Namanya mie Belitung yang diracik dari mie kuning dan kaldu udang sebagai materi utamanya.

Mie Belitung juga dilengkapi kepingan kentang rebus, udang, bakwan udang, tauge, irisan timun serta lembaran emping yang renyah. Balutan kaldu udangnya istimewa sebab ditambahkan banyak bumbu dapur.

Gurih Manis Mie Belitung yang Bikin Perut Hangat di Pagi HariFoto: Dok. detikFood

Tak ketinggalan gula merah sehingga kaldu terasa anggun dengan tekstur agak kental. Bagi pencinta non manis, dapat menambahkan sambal yang pedasnya nendang.

Yang bikin unik, mie Belitung disajikan di piring beralas daun simpor. Daun lebar ini ialah sejenis daun jati yang simpel ditemui di Belitung.

Salah satu daerah terkenal menikmati mie Belitung ialah Wan Bie Bedulang di Jalan Sriwijaya, Tanjung Pandan. "Mie Belitung itu materi utamanya mie kuning, simpel ditemui di pasar," ujar seorang pegawai rumah makan.

Gurih Manis Mie Belitung yang Bikin Perut Hangat di Pagi HariFoto: Dok. detikFood

Seporsi mie Belitung di sini dihargai Rp 17.000. Paling yummy menikmatinya bersama segelas air jeruk kunci hangat. Jeruk ini seukuran bola golf dengan ciri khas rasa asam kecut yang segar.

Selain mie Belitung, Wan Bie juga punya hidangan andalan nasi bedulang. Menu ini unik sebab mengadaptasi tradisi bedulang khas Belitung.

Nasi disajikan bersama lauk pauk yang disusun di dalam tampah tertutup tudung saji. Menikmati nasi bedulang haruslah bahu-membahu dengan orang paling renta bertugas membuka tudung saji.


Tonton juga ' Menikmati Masakan Khas Lampung di Rumah Makan Cikwo, Teluk Belitung, Lampung ':

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post