Batagor Yunus: Renyah Gurih Batagor Racikan H.Yunus Semenjak 1972

Foto: Dok. detikFood/Riska FitriaFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Jakarta - Berkunjung ke Bandung tak lengkap rasanya kalau tidak mencicip jajanan khas di sana. Ada batagor yang sudah terkenal semenjak puluhan tahun di sini.

Batagor atau akronim dari Bakso Tahu Goreng merupakan jajanan khas Bandung, Jawa Barat. Sesuai namanya, bakso tahu goreng tersebut disantap dengan bumbu kacang yang pedas manis. Praktis tentunya untuk menemukan batagor di Bandung.

Salah satu yang terkenal legendaris yaitu Batagor Yunus. Selain legendaris, Batagor Yunus juga disebut-sebut sebagai batagor terenak di Bandung.
Batagor Yunus: Renyah Gurih Batagor Racikan H.Yunus Sejak 1972Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

"Mulai jual batagor itu semenjak 1972 hingga sekarang. Selain batagor juga ada mie, tapi kini fokusnya lebih ke batagor. Sementara mie sebagai sajian pendamping aja," ujar Redi Gunawan, anak ke-8 dari Hj Yunus dikala ditemui detikFood (1/12).

Redi Gunawan juga menceritakan bahwa dulu perjuangan milik bapaknya, Hj Yunus ini sempat berpindah-pindah tempat. Sejak tahun 2008 jadinya perjuangan batagor legendaris tersebut mulai menetap di ruko yang beralamat di Jl. Kopo No. 68. Warungnya tidak mengecewakan luas, dengan dominasi warna kuning yang bisa menampung banyak pengunjung.

"Ada satu cabang, lokasinya masih sekitar Bandung. Warung yang ini itu pusatnya," tutur Redi Gunawan.
Batagor Yunus: Renyah Gurih Batagor Racikan H.Yunus Sejak 1972Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Batagor di sini dibanderol per pcs dengan harga Rp. 4.000. Kami pun memesan batagor tersebut sebanyak 5 pcs (Rp. 20.000). Tak perlu menunggu usang untuk menantikan batagor di sini. Batagornya disajikan hangat-hangat dan terpisah dengan bumbu kacangnya.

Ukurannya besar dengan tahu putihnya yang bertekstur lembut. Sementara isiannya berupa gabungan ikan. Teksturnya kenyal dengan terasa gurih ikan tenggiri yang begitu kuat.

Sementara untuk bumbu kacangnya tidak digiling halus sekali, masih menyisakan bulir-bulir kacang. Teksturnya pas tidak terlalu kental dan juga tidak terlalu encer. Rasa bumbunya terbilang pedas tapi dijamin akan menciptakan nafsu makan semakin bertambah.
Batagor Yunus: Renyah Gurih Batagor Racikan H.Yunus Sejak 1972Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Menyantap batagor di sini juga bisa dibarengi dengan bakso urat pedas. Kamu bisa pesan sajian Batagor Bakso Urat Pedas (Rp. 32.500). Satu porsinya dilengkapi dengan 2 buah batagor atau bakso tahu, 1 bakso kecil dan 1 bakso urat berukuran besar.

Untuk baksonya sangat terasa berpengaruh dagingnya dan bakso urat yang lebih bertekstur kenyal. Bakso urat diisi dengan rawit cabe yang tidak terlalu banyak tetapi cukup rasa pedasnya.

Untuk sajian mienya juga tak kalah enak. Kami memesan mie yamin dengan sajian Mie Bakso Batagor Yamin (Rp. 18.000). Mienya kecil-kecil direbus pas lembutnya. Rasanya berpadu antara gurih dan manis, tetapi lebih mayoritas rasa manisnya. Di wadah terpisah juga dilengkapi dengan bakso dan batagor dalam kuah kaldu bening.
Batagor Yunus: Renyah Gurih Batagor Racikan H.Yunus Sejak 1972Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Konsisten rasa dan kualitas menciptakan batagor Yunus bisa eksis nyaris setengah kurun lamanya. Meski banyak penjual batagor lain, batagor Yunus masih diantre pelanggan setianya.

"Kalau weekday sekitar 2.000 buah batagor laris terjual setiap harinya. Sementara kalau weekend lebih banyak lagi, bisa mencapai 4.000 per hari," ungkapnya.

Saking populernya warung batagor ini hingga melayani pesanan hingga ke luar kawasan Bandung. Untuk melayani pengunjung yang tak henti-hentinya berdatangan, warung ini dibantu dengan 18 orang karyawan yang dibagi dalam 3 shift atau jam kerja.

Menurut kami, meskipun harganya terbilang murah, tetapi rasa yang ditawarkan bisa disebut tak kalah dengan buatan rumah makan lain. Apalagi ukurannya besar dibandingkan batagor lainnya. Saat berkunjung ke Bandung jangan lupa jajan batagor di sini.

Batagor Yunus
Jl. Kopo No. 68
Bandung, Jawa Barat
Telepon : 08122226693
Jam Buka : 06.00 - 21.00

Simak Video "Gurih Batagor Legendaris Khas Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post