Sponge Cake Yang Digulung, Diberi Aneka Isi Dan Hiasan Kreatif

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Swiss roll cake atau bolu gulung merupakan salah satu jenis kudapan anggun Eropa klasik. Selain gampang dibuat, cake ini juga dihias sebagai salah satu cake Natal populer.

Karena disebut Swiss roll cake, banyak orang menganggap bahwa kudapan anggun ini pertama kali berasal dari negara Swiss, Austria atau Eropa Tengah. Sementara di Amerika dikenal dengan sebutan Roll Jelly Cake, sebab diisi dengan jelly buah.

Bolu gulung atau roll cake merupakan sponge cake yang dicetak segi empat tipis. Saat masih hangat digulung kemudian diolesi selai atau krim dengan paduan bermacam-macam bahan. Setelah digulung kembali dan didinginkan, cake ini dihiasi dengan krim, cokelat atau krim mentega dan diberi hiasan. Dipotong-potong melintang dan disajikan.
Sponge Cake yang Digulung, Diberi Aneka Isi dan Hiasan KreatifFoto: iStock

Bolu gulung sangat terkenal di negara-negara persemakmuran Inggris, Hong Kong dan India, sebab kudapan anggun manis tersebut menjadi sajian untuk para raja. Pada tahun 1960, produksi bolu gulung sebagai kudapan menjadi populer. Saat itu merek bolu yang gulung yang paling terkenal yaitu Little Debbie dan Lyons Company.

Sejak dikala itu bolu gulung menjadi semakin terkenal hingga ke banyak sekali negara. Bahkan setiap negara punya bolu gulung dengan ciri khas tersendiri yang diubahsuaikan dengan selera rasa dan isiannya. Seperti di Prancis dikenal dengan nama Yule Log, Rulltarta di Swedia, Jam Rolls di India, Bolu Gulung di Indonesia, Pionono di Filipna dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Ini Resep Kue Idulfitri Mascovis Orange Roll, Paduan Bolu Gulung dan Lapis Legit

Teknik pembuatan kudapan anggun bolu gulung dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dipanggang dan dikukus. Semakin berkembangnya zaman, bolu gulung juga tak melulu berpenampilan polos. Kini banyak bolu gulung yang lapisan atasnya dihiasi dengan banyak sekali macam motif. Seperti motif kartun, motif gradasi warna menyerupai pelangi hingga motif batik yang terkenal di Indonesia.
Sponge Cake yang Digulung, Diberi Aneka Isi dan Hiasan KreatifFoto: iStock

Untuk rasanya, bolu gulung juga semakin bervariasi mulai dari rasa klasik menyerupai cokelat, pandan dan keju, hingga rasa kekinian menyerupai rasa matcha, hazelnut, mocha, nutella dan lainnya. Bolu gulung kekinian itu juga banyak dijadikan dessert andalan di kafe-kafe instagramable.

Di Indonesia sendiri bolu gulung banyak isian menyerupai bolu gulung durian, bolu gulung ketan hitam, bolu gulung srikaya hingga bolu gulung telur asin. Hampir di tiap negara ada versi bolu gulung yang berbeda.

Sebagai salah satu jenis kudapan anggun Natal, bolu gulung dikenal dengan nama Christmas Log atau Yule Log atau Bouche de Noel. Konon kudapan anggun berbentuk batang kayu ini merupakan bentuk rindu para perantau. Mereka kemudian menciptakan kudapan anggun bentuk bolu gulung menyerupai batang pohon. Dihiasi jamur dan bermacam-macam ornamen Natal. Di Indonesia bolu gulung tersedia mulai di rumah produksi hingga toko-toko kudapan anggun bintang lima.
Sponge Cake yang Digulung, Diberi Aneka Isi dan Hiasan KreatifFoto: iStock

Rumah produksi bolu gulung tersebut biasanya mengatakan bolu gulungnya secara online melalui website resmi atau akun-akun media sosial. Kepopuleran bolu gulung di Indonesia, mengakibatkan kudapan anggun manis ini sebagai buah tangan khas daerah. Seperti Moo Moo Roll Cake khas Bandung, bolu meranti khas Medan, Bolu Gulung Jenebora khas Balikpapan dan bolu abon khas Papua.

Di ulasan khusus detikFood kali ini akan membahas seputar bolu gulung. Seperti perkembangan bolu gulung mulai dari yang klasik hingga degan bolu gulung yang kekinian dan ciri khas bolu gulung di setiap negara. Rekomendasi resep pembuatan bolu juga tak luput dari pembahasan kami.

Selain rekomendasi resep, kami juga akan mengatakan rekomendasi tempat-tempat yang mempunyai varian bolu gulung enak dari bakery kelas atas hingga produksi rumahan. Simak terus detikFood untuk tahu info lengkapnya ya!

Baca Juga : Membuat Bolu Gulung

Simak Video "Kelezatan Bolu Gulung Lembut Tanpa Pengawet di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post